Search Anything...

Jumat, 29 Januari 2021

Timeline Bandai Membuat Sentai



“Tokusatsu itu cuma iklan mainan 30 menit gan!”

“Apalagi Sentai, tontonan bocah tuh~”


Well, pernyataan tadi tidak sepenuhnya benar, tapi tidak sepenuhnya salah juga. Karena ada bisnis besar di sini. Tidak hanya bisnis yang menghidupi pabrik mainan, tapi juga produsen merchandise, pertunjukan panggung, media, agency, termasuk aktor-aktris, musisi, dan pekerja kreatif di industri hiburan.

Tapi Sentai itu memang core business-nya jualan mainan.

Berikut ini #funfactfriday tentang Sentai menurut Manager Boys Toy Bandai Sentai Division, Taku Nakano, yang cuma punya 7 anak buah.


Tema besar utama itu biasanya Organik VS Teknologi, Hewan atau Kendaraan? Atau gabungan?

Yang jelas tidak boleh ada tema sama hadir back to back. Dan yang terpenting, tema tersebut harus disukai anak-anak. Ini pekerjaan yang cukup tricky.

Karena walaupun trend berulang dan bisa diprediksi, tapi apakah benar anak-anak di tahun depan benar-benar menyukai tema yang dihadirkan, selalu jadi misteri.


Setelah dapat tema, tinggal tambah Sentai, jadilah Tema Sentai Nama (ran)ger. ^^;


Tim Sentai Bandai harus bisa membuat konsep robot dalam setahun. Seperti apa robot utamanya, berapa jumlah robotnya, apa gimmick-nya, bagaimana mekanismenya. Dst-dst.

Sudah jadi tradisi kalau 1 robot utama, akan jadi inti dan hadir terus sepanjang tahun. Ini adalah bentuk komitmen Bandai pada orang tua, “Setidaknya beli satu saja, anak Anda tidak akan ketinggalan trend selama setahun.”


Collection Item sudah jadi hal wajib. Karena semakin banyak terjual, semakin besar pula pemasukan. Masalahnya konsep & teori tidak selalu sukses saat sudah direalisasikan.

Kesuksesan GoOnger, Gokaiger, Kyoryuger, & ToQger tidak mudah terulang.


Perusahaan desain milik Bandai ini kemudian akan memoles seluruh konsep karakter, morpher, senjata, dan robot dalam balutan desain yang menarik.


Toei sebagai PH punya pertimbangan besar di sini. Karena dia yang paham secara look akan feasible atau tidak untuk direalisasikan.


Model kemudian dilempar ke props maker/ Rainbow untuk mulai dibuat versi besar dan kostumnya. Tapi bagi Bandai, dari versi prototype masih ada 7-8x proses revisi. Makanya kadang terjadi perbedaan detail dari versi kostum dengan versi mainan yang dijual.


Sementara Toei mulai sibuk menggarap storyboard, produksi kostum & props, juga draft visual efek, Bandai terus menerus melakukan riset pasar untuk mainan barunya.

Caranya dengan mengundang anak-anak mulai usia 3 tahun untuk main dan mengetahui respon mereka.


Bagaimana kalau ternyata anak-anak tidak suka?

Tidak bisa balik lagi ke awal, caranya ditambah/ ganti gimmick yang anak-anak lebih suka.

Evaluasi sepanjang series pun tetap dilakukan, tapi jarang terjadi pembatalan atau penambahan produk di luar rencana.

Lain kali kita bahas apa saja job desc, persyaratan, dan gaji kalau bergabung ke timnya Nakano.

Tidak ada komentar: